Berita Hindu Indonesia

Media Informasi Terkini Masyarakat Hindu Indonesia

Iklan Leo Shop

Pasang iklan disini

TWITTER

Powered by Blogger.

Arti Canang dan Bagian-Bagian Canang

On 10:51 AM with No comments

Berita Hindu Indonesia - Kata "Canang" berasal dari Bahasa Kawi, terdiri atas dua suku kata yaitu: "Ca" yang berarti Indah, dan "Nang" berarti Tujuan, dengan demikian Canang dapat diartikan sebuah sarana yang bertujuan untuk memohon keindahan (sundharam) ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.


Canang
Bagian-bagian dari Canang adalah sebagai berikut:
  1. Ceper Merupakan alas dari sebuah Canang yang memiliki bentuk segi empat dan melambangkan angga-sarira (badan). Keempat sisi ceper melambangkan pembentuk angga-sarira, yaitu Panca Maha Bhuta, Panca Tan Mantra, Panca Buddhindriya, dan Panca Karmendriya. Canang yang dialasi ceper merupakan simbol Ardha Candra, sedangkan yang dialasi oleh tamas kecil merupakan simbol dari Windhu.
  2. Beras atau Wija Melambangkan Sang Hyang Ātma atau yang membuat badan mejadi hidup, melambangkan benih di awal kehidupan yang bersumber dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujud Ātma.
  3. Porosan atau Peporosan Terbuat dari daun sirih, kapur, dan jambe (gambir) yang melambangkan Tri-Premana, yaitu Bayu (pikiran), Sabda (perkataan), dan Idep (perbuatan). Ketiganya membuat tubuh yang bernyawa dapat melakukan aktivitas. Porosan juga melambangkan Trimurti, yaitu Siwa (kapur), Wisnu (sirih), dan Brahma (gambir). Porosan mempunyai makna bahwa setiap umat harus mempunyai hati (poros) penuh cinta dan welas asih serta rasa syukur yang mendalam kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
  4. Jajan, Tebu, dan Pisang Menjadi simbol dari Tedong Ongkara yang melambangkan kekuatan Upetti, Stiti, dan Pralinan dalam kehidupan di alam semesta.
  5. Sampian Uras atau Duras Dibuat dari rangkaian janur yang ditata berbentuk bundar yang biasanya terdiri dari delapan ruas atau helai yang melambangkan roda kehidupan dengan Asta Iswarya-nya (delapan karakteristik) yang menyertai setiap kehidupan umat manusia.
  6. Bunga Diletakkan di atas sampian urasari melambangkan kedamaian dan ketulusan hati. Penyusunan bunga diurutkan sebagai berikut:
Baca : Memahami Rwa Bhineda
  • Bunga berwarna Putih disusun di Timur sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Iswara
    Bunga berwarna Merah disusun di Selatan sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Brahma.
    Bunga berwarna Kuning disusun di Barat sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Mahadewa.
    Bunga berwarna Biru atau Hijau (Susah mendapatkan bunga berwarna hitam) disusun di Utara     sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Wisnu
    Minyak wangi atau Miyik-Miyikan Menjadi lambang ketenangan jiwa atau pengendalian diri. \
Baca :SUDHA WAKYA "OM SWASTYASTU"
  • Kembang Rampai Kembang rampai diletakkan di atas susunan bunga dan memiliki makna sebagai l ambang kebijaksanaan. Bermacam-macam bunga ada yang harum dan ada yang tidak berbau, melambangkan kehidupan manusia tidak selamanya senang atau susah. Untuk itulah, dalam menata kehidupan, manusia hendaknya memiliki kebijaksanaan
  • Dalam menata kehidupan, manusia hendaknya menjalankannya dengan ketenangan jiwa dan        pengendalian diri yang baik.
  • Lepa atau Boreh Miyik Merupakan lambang sebagai sikap dan perilaku yang baik. Perilaku         menentukan penilaian masyarakat terhadap baik atau buruknya seseorang
  • Kembang Rampai disusun ditengah sebagai simbol kekuatan Sang Hyang Panca Dewata.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments