Berita Hindu Indonesia

Media Informasi Terkini Masyarakat Hindu Indonesia

Iklan Leo Shop

Pasang iklan disini

TWITTER

Powered by Blogger.

Apa Itu Moksa ?

On 8:46 PM with No comments




Berita Hindu Indonesia - Moksa adalah tujuan terakhir dan tertinggi dari manusia. Moksa berarti kebebasan atau kelepasan. Maksudnya adalah suatu kebahagiaan dimana atman (jiwa) dapat lepas dari pengaruh maya dan ikatan perbuatan baik dan perbuatan tidak baik serta bersatu kembali dengan asalnya yaitu Brahman. Hal seperti itu disamping disebut moksa juga disebut mukti atau nirwana.

Pada hakikatnya setiap manusia mendambakan apa yang disebut kebahagiaan yang kekal dan abadi. (sat cit ananda) namun kebahagiaan seperti itu tak kunjung dirasakan. Menurut ajaran agama Hindu kebahagiaan yang sejati atau kebahagiaan yang kekal abadi hanya didapat dalam persatuan dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang disebut moksa itu. Manusia harus menyadari bahwa perjalanan hidupnya pada hakikatnya adalah perjalanan mencari Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Perjalanan seperti itu adalah perjalanan yang penuh denDharma. Hanya dengan berbuat berdasarka Dharma manusia akan akan dapat mengarungi dengan selamat samudra yang luas dan ganas itu.
gan rintangan bagaikan mengarungi samudra yang bergelombang. Sudah dipaparkan diatas bahwa ajaran agama telah menyiapkan sebuah perahu untuk mengarungi ganasnya samudra kehidupan yaitu

Bila seseorang terlepas dari ikatan dunia tersebut maka dapat dikatakan bahwa itulah yang dsebut moksa. Inilah yang menjadi tujuan akhir dari orang Hindu. Orang yang sudah mencapai moksa maka ia tak akan terlahir kembali ke dunia, karena tak ada suatu apa pun yang mengikat dirinya. Ia telah menyatu dengan paramatma. Bila air sungai sudah menyatu dengan air laut, maka air sungai akan kehilangan identitasnya. Tidak ada lagi perbedaan antara air sungai dan air laut. Demikian halnya dengan atman yang mencapai moksa telah menyatu dengan Brahman atau Paramaatman. Pada saat itulah orang mengatakan "Aku adalah Brahman".
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments