Berita Hindu Indonesia

Media Informasi Terkini Masyarakat Hindu Indonesia

Iklan Leo Shop

Pasang iklan disini

TWITTER

Powered by Blogger.

Makna dan Fungsi Kamar Suci

On 2:04 PM with No comments

Berita Hindu Indonesia - Kamar Suci mungkin sudah tidak asing lagi di dengar dikalangan masyarakat, namun apakah sesungguhnya Kamar Suci tersebut?

Pada awalnya Kamar Suci merupakan tempat yang dibuat khusus untuk melakukan persembahyangan karena tidak memiliki Merajan di pekarangan, mungkin disebabkan karena merantau (hanya dipakai tempat tinggal sementara), atau lahan yang ditempati masih berstatus kontrakan.

Kamar Suci merupakan tempat yang dibuat dan disucikan secara khusus hanya untuk melakukan kegiatan spiritual seperti Sembahyang, Meditasi, Yoga Asana, belajar Sastra Agama, dan lain-lain yang berhubungan dengan sepiritual positif.



Kamar Suci

Didalam Kamar Suci terdapat sebuah Pelangkiran dan diatasnya terdapat sebuah Daksina Linggih sebagai tempat berstananya Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dari Kamar Suci dilakukan persembahyangan dan ngayat ke tempat-tempat tertentu seperti ke Merajan bagi yang tidak terdapat Merajan di tempat tinggalnya.

Jika sudah memiliki Merajan apakah membuat Kamar Suci itu salah? TENTU TIDAK, selama tidak mengubah fungsi dari Kamar Suci tersebut.

Jika sudah memiliki Merajan maka tempat bersembahyang tetaplah di Merajan, jadikanlah Kamar Suci sebagai tempat untuk belajar Sastra Agama, Meditasi, Yoga Asana, dll yang berhubungan dengan spiritual positif.

Namun belakangan ini terjadi pergeseran fungsi dari Kamar Suci, banyak orang berlomba-lomba membuat Kamar Suci untuk menstanakan Dewa-Dewa yang dituntun dari Pura-Pura tertentu.

Di Kamar Suci terdapat banyak Daksina Linggih karena banyak nuntun Dewa-Dewa, dan biasanya dilengkapi dengan benda-benda yang dianggap bertuah seperti: keris, tombak, dan benda-benda lain yang konon didapat sebagai anugrah (Pica).

Sehingga sering sekali kita jumpai orang sibuk sembahyang di Kamar Suci dan lupa akan keberadaan Merajan di pekarangannya. Bahkan ada yang lebih extreme lagi, karena sudah nuntun Dewa-Dewa dari Pura-Pura tertentu, menganggap dirinya paling sakti dan tidak usah lagi sembahyang di Merajan.

Tidak jarang kita jumpai kalau orang yang melakoni membuat Kamar Suci untuk nuntun Dewa-Dewa ke Kamar Sucinya malahan menerima akibatnya secara niskala di kemudian hari, bahkan keturunannya ikut kena imbas, dan pada akhirnya baru sadar setelah mendapatkan akibat tersebut.

Jika hendak membuat Kamar Suci, maka fungsikanlah sebagaimana mestinya, dan jadikanlah Kamar Suci sebagai tempat yang membuat semakin cerdas secara spiritual.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments