Berita Hindu Indonesia

Media Informasi Terkini Masyarakat Hindu Indonesia

Iklan Leo Shop

Pasang iklan disini

TWITTER

Powered by Blogger.

Pasraman Dhewi Saraswati yang Penuh Prestasi

On 9:29 AM with No comments

Berita Hindu Indonesia - Pasraman Dhewi Saraswati Lampung Tengah benar - benar memukau. Sesuai namanya Pasraman Dhewi Saraswati yang berdomisili di Jalan Nusa Indah, Sanggar Buana memberi inspirasi pada masyarakat di Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah. Mulai siswa SD, SMP, SMA di lingkungan tersebut selama ini mendapat pembinaan dari I Wayan Sadra, S.Pd. MM, seorang PNS dan aktif sebagai Guru pengajar di SMAN 1 Lumbia Lampung Tengah. Berbagai kegiatan rutin dilaksnakan di Pasraman ini setiap Jumat, Sabtu dan Minggu dan dibina oleh 4 Guru Pasraman, yaitu Bapak I Komang Suteja, S.Pd.H. Ibu Ni Dhewi Ratih, S.Pd.H, Ibu Komang Mei, S.Pd.H dan Ibu Komang Sukanasih, S.P.d.


Pasraman Dhewi Saraswati
Usia Pasraman belum genap dua tahun berjalan, Namun Pasraman Dhewi Saraswati ini telah meraih segudang prestasi. Diantaranya, Siswa Pasraman ini meraih juara umum dalam lomba cerdas cermat dan tari di Bulan maret 2016 yang diadakan UNILA. Tidak hanya itu di bulan April 2016, Lenggak lenggok dua penari dari Pasraman Dhewi Saraswati tampak lincah dan gemulai menampilkan tari Merak Angelo dalam Parade Budaya yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perhimpunan Mahasiswa Hindu (Permadu) di Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya,. Kekompakan dan keserasian yang tampil para sisya dari Pasraman Dhewi Saraswati mampu memukau para dewan juri dan penonton. Tari Merak Angelo akhirnya membawa Pasraman Dhewi Saraswati sebagai juara I lomba tari Bali dalam kompetisi tersebut. Juara Satu pun diraih Sisya Pasraman Dhewi Saraswati dalam ajang UDG (Utsawa Fharma Gita) tingkat Kabupaten Lampung Tengah dalam jenis perlombaan Dharma Wacana dan lomba Pembacaan Sloka. Berbagai event di tingkat Nasional kedepanya akan diikuti oleh Pasraman ini, seperti dalam ajang UDG tingkat provinsi dan Nasional yang jatuh di tahun 2017.

"Pasraman Dhewi Saraswati berdiri di bawah naungan Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Lampung dan juga binaan Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Sebagai dasar pemikiran kami, selama ini masih banyak generasi muda Hindu di wilayah kami haus akan pengetahuan dan membutuhkan banyak buku sebagai bahan bacan dan media untuk memahami ajaran agama Hindu. Maka kami mencari cara untuk menyelamatkan masa depan umat Hindu. Ini menjadi keprihatinan kita bersama." Ungkap I Wayan Sadra, S.Pd.MM.

Seperti tercantum dalam sloka 27 Kitab Sarasamuscaya, menyebutkan dalam terjemahnya, " Bagaikan keberadaan ilalang muda yang tajam, akan tidak tajam lagi masa tuanya. Demikianlah hendaknya kebajikan / kebenaran, harta dan ilmu pengetahuan itu dikejar sedini mungkin, pada masa muda yang sehat. "Sloka ini mengisaratkan kita selalu semangat, pantang menyerah untuk belajar dan mengisi diri di usia remaja. Ia berharap melalui Pasraman ini, generasi muda termotivasi untuk berprestasi, melestarikan budaya Indonesia tanpa meninggalkan ajaran Hindu, menghargai keberagaman dan tetap menjaga nilai saling toleransi anatara umat beragama.


Sumber : Pasraman Dhewi Saraswati (miak)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments